Komunitas Jajanan Pasar. Mengenal Jajanan Asli Indonesia.

Japarr Kartun Jajanan Pasar

Bagaimana jadinya kalau jajanan pasar seperti gethuk, onde-onde, kue mochi, clorot, cakue, lemper, cenil dan kawan-kawannya menjelma menjadi boneka lalu hidup dan berbicara pada kita?

Itulah konsep dasar yang dicanangkan oleh–pasangan suami-istri–Mas Glenn Ardiansyah dan Mbak Edya Asmara saat mendirikan Komunitas Jajanan Pasar (Japarr). Dengan keahlian yang dimiliki Mbak Edya Asmara yang juga merupakan ilustrator dan guru lukis, mereka berdua mewujudkan imajinasi “Jajanan Pasar pun dapat hidup dan bicara” dalam bentuk boneka dan kartun.

Blogie Talkie kali ini berkunjung ke blog Komunitas Jajanan Pasar yang beralamat di: http://kartunjaparr.blogspot.com/

Di blog ini kita bisa melihat berbagai ide inspiratif dan inovasi yang dilakukan para founder Japarr untuk melestarikan kue-kue tradisional asli dari Indonesia. Mereka mengadakan berbagai kegiatan dan event untuk memperkenalkan kue-kue jajanan pasar asli Indonesia kepada masyarakat luas pada umumnya dan anak-anak pada khususnya.

Selain itu, berbagai kegiatan itu juga merupakan upaya untuk membangkitkan kreativitas anak-anak. Misalnya seperti kegiatan menggambar dan mewarnai bersama atau kegiatan menyimak dongeng bersama Mbak Edya Asmara yang menggunakan boneka-boneka Jajanan Pasar–yang bentuknya lucu-lucu–sebagai tokoh-tokohnya.

Dengan berbagai kegiatannya yang mampu menginspirasi masyarakat Indonesia untuk “melek” jajanan asli Indonesia, tak heran jika pada tahun 2012, komunitas ini memperoleh penghargaan ‘Rama dan Shinta’ kategori ‘Produk Unik Mengedukasi’ di Bazaar Ramadhan Bank DKI 2012.

Japarr Kartun Jajanan Pasar2

Komunitas ini memproduksi sendiri boneka-boneka Jajan Pasar mereka. Selain boneka, mereka juga membuat bermacam merchandise seperti tas, sandal, gantungan kunci dan pensil, yang semuanya itu bertema Jajanan Pasar yang menjelma menjadi berbagai bentuk yang lucu dan menggemaskan. Berbagai merchandise tersebut juga bisa dibeli dengan harga terjangkau.

“Kami memproduksi barang-barang dengan berbagai model ini selain untuk mendapatkan keuntungan, juga untuk menghidupi komunitas Japarr yang semua pengeluarannya masih ditanggung oleh kami pribadi,” demikian ungkap Glenn, Founder Komunitas Japarr.

Komunitas Japarr, dengan perlahan namun pasti mulai dikenal oleh masyarakat dan masuk ke berbagai media (cetak, internet, televisi) untuk menyebarkan inovasi dan visi misi mereka:

Lestarikan dan budayakan Jajanan Pasar sebagai salah satu Warisan Seni Kuliner Nusantara melalui Kartun.

Jadi, siapa yang belum pernah nyoba Jajanan Pasar asli Indonesia? :mrgreen:

Advertisements
Tagged , , , ,

Apa pendapatmu?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: